Tuesday, June 5, 2007

Mudah dan Seru dengan Jagung Manis

Satu ketika saya berkelimpahan jagung manis segar, dan berusaha untuk segera menghabiskan karena space di kulkas udah ngga ada lagi :D Selain bikin puding jagung dan pudak jagung, saya bikin aneka cemilan yang sangat mudah, cepat tetapi enak dan seru! Monggo disimak ya...!

Jagung Kukus
Untuk mempertahankan kemanisan jagung, masak jagung dengan dikukus, bukan direbus. Sisakan 1-2 lapis daun pembungkusnya, sibakkan hingga ke pangkal jagung dengan hati2 agar ngga sobek, cuci jagung dibawah air mengalir lalu tutupkan kembali kulitnya lalu kukus sampe matang. Jagung yang dimasak dengan kulit menjaga biji jagung tetap renyah gak gampang mengering, dan lebih manis. Mengukus jagung manis tidak perlu terlalu lama karena jagung manis cepat matang.
Kalo pengen rasa lebih spesial, setelah dikukus, panas2 buka kulitnya, olesi salted butter, ato margarin juga boleh, taburi sledri/peterseli cincang. Sajikan segera.

Jagung Bakar
Pengen bikin jagung bakar dengan aneka rasa, buat olesannya dulu:
  • Olesan manis: salted butter/margarin diaduk dengan gula halus. Gak usah banyak2 gulanya, karna jagungnya udah manis.
  • Olesan asam manis: olesan manis + saus tomat
  • Olesan pedas: salted butter/margarin + sambal botol
  • Olesan asam pedas manis: olesan asem manis + sambal botol
  • Olesan garlic: salted butter/margarin diaduk dengan bawang putih parut. Kalo mo pedas bisa ditambah sambal botol.
  • Olesan itali: olesan asem manis + bubuk bumbu itali (dill, oregano, thyme, dll sesue slera)
Olesakan bumbu2 tersebut ke jagung pake kuas, bakar jagung sambil berkali2 diolesin dan dibolak-balik sampe matang.

Cup Corn
Pengen bikin “cup corn“ kayak yang di mall, guampang.
Siapin topping, untuk 1 butir jagung: 2-3 sdm mayones dicampur 1-2 sdm susu kental manis (ato sesue slera). Jagung pipilan direbus sebentar ajah, aduk rata dengan sedikit salted butter/margarin. Beri topping, taburi dengan keju parut secukupnya. Kalo pengen rasa pedas, bisa ditambahkan saus sambal secukupnya pada campuran mayones. Bumbu2 itali juga bisa ditambahkan, kurangi atau hilangkan takaran susu kental manisnya.

Jus Jagung
Jagung manis, dalam kondisi betul2 fresh, rasa manisnya mengalahkan rasa langunya. Bisa dikonsumsi mentah seperti makan buah biasa, untuk salad maupun untuk jus.
Bikin jus jagung, biji jagung diblender ama susu, saring & sajikan dengan es batu, gula/sirup bisa ditambahkan sesue slera (pake simple syrup/sirup gula biasa tanpa esen, ato sirup pandan juga matching). Saya lebih suka gak pake susu, rasanya lebih fresh.

Bakwan jagung
Ini gorengan yang gampang dan cepat, enak untuk ngeteh sore ataupun cemilan sambil nonton tivi. Sisir biji jagung manis dan ditumbuk kasar2 ajah, sekedar asal pecah. Bumbui garam, mrica, bawang merah & sedikit bawang putih, boleh ditambah ketumbar bubuk dan lengkuas bubuk serta irisan daun jeruk. Kasi 1 butir telur untuk setiap 5 buah jagung manis, tambah irisan daun bawang. Kalo terlalu encer bisa ditambah terigu 2 sdm/secukupnya. Aduk rata, goreng sesendok2, sajikan dengan cabe rawit.

1 comment:

Ishykiel said...

Terima kasih kerana berkongsi resipi jus jagung. Saya Ardy dari Singapura dan terjumpa lelaman anda melalui Google apabila menaip jus jagung. :)

Sila kunjung ke lelaman saya di www.24tujuh.com.

Terima Kasih.
Ardy Ishykiel
Singapura