Monday, June 4, 2007

Ceker Ayam, Si Remeh yang Tak Remeh Lagi

Ceker ayam kalo di indo sering dipakai untuk membuat kaldu, karna ekonomis gak harus repot2 beli ayam utuh sekedar untuk bikin gudeg, sop sayur, bubur dll. Awalnya sih tentu bukan sengaja pake ceker doang. Justru awalnya ceker juga jadi limbah karna kurang menarik untuk disajikan, kurang menguntungkan untuk dimakan, gak worthed laaa... ngrikit2 sampe pegel tapi dapetnya sak iprit hehehe... palagi saat itu nenek2 kita masi belom kenal ayam ras, taunya ayam kampung yang kurus2 ituh, cekernya asli tulalit (tulang & kulit). Trus pikir2 daripada dibuang, eman2, masi bisa dibikin kaldu. dasarnya kan emang tulang thok, ofkors kaldunya sedep. jadi dimanpaatin untuk penyedap sayur seperti gudeg dan sop sayur, sekaligus ningkatin gizinya karna jaman dulu gudeg & sayur sop umumnya bener2 sayur thok tanpa bahan hewani, karna minimnya info tentang gizi.

Seiring perkembangan dan perubahan pola hidup dimana masyarakat kita mulei melek gizi, tuntutan bahan hewani makin meningkat, pasar pun kewalahan merespon permintaan masyarakat. Ayam kampung jadi makin mahal karna masa pertumbuhannya sampai siap potong tidak seiring dengan permintaan, aliyas sirkulasinya gak bisa cepet.

Teknologi peternakan memasukkan ayam ras untuk memenuhi permintaan pasar. Masa pertumbuhan cepet, ukurannya bongsor pulak karna diternak sedemikian rupa agar kerjaannya hanya makan dan makan muluh dalam kandang yang sempit. Masi muda, umur 3 bulanan, bodi udah bongsor dan siap potong (that’s why struktur tulang ayam ras rapuh, karna usianya masih sangat muda belia, beda dengan ayam buras yang tulangnya kokoh karna dipotong setelah bener2 dewasa). Ayam ras bisa dijual potongan, gak seperti ayam kampung. Karna dijual potongan, maka cekernya pun banyak tersisih, karna masi banyak masyarakat yang gak doyan ceker.

Dengan kesadaran sisi komersil yang makin meningkat, ceker terbuang itu, yang dulu hanya dibeli masyarakat yang gak mampu beli daging ayam, ato dibeli orang2 yang hanya perlu kaldu untuk sayuran dan bubur bayi, jadi dimanfaatin pedagang2 kreatif... menjadi kripik ceker ayam yang harganya muahaaaalllll... juga masuk resto berkelas, menjadi dim sum yang sangat diburu. Ceker pun naik kelas... dan menjadi umum di masyarakat, bukan lagi dipandang sebelah mata. Gudeg ceker di jokja, laris maniiiissss.....
Kebetulan, dimsum ceker, kripik ceker dan aneka masakan berbasis ceker paling cocok pake ceker ayam ras, secara ceker ayam ras lebih berkulit tebal.

Hmmm..... aku juga gak doyan ceker. Geli liatnya :D Tapi aku doyan banget kalo dibikin kripik & dimsum huehehehehehe....

Untuk bikin kaldu yang sedap, sebaiknya memang harus dimemarkan lebih dulu, agar kaldu2 yang tersimpan dalam tulang bisa kluar sempurna. Cukup dimemarkan, ngga perlu dipatahkan. Kalo dimemarkan, tulang masih terbungkus kulit ceker yang cukup liat, jadi masi aman. Ato kalo mo lebih sedep tapi tetep aman, geprak sampe rada hancur, jadikan kaldu, lalu saring. Kaldu pun siap olah dan bebas dari serpihan.

Ceker ayam, kalo versi om Hembing, banyak mengandung collagen yang bagus untuk regenerasi sel, termasuk bikin kulit awet muda. Kadar collagennya ofkors ada pada kulitnya yang kenyal2 ituh. wah kalo gitu benernya yang lebih butuh justru nenek2 ya huehehehe....

No comments: