Thursday, May 31, 2007

Bikin Perkedel Kentang yang Cantik

Kunci bikin perkedel agar kesat tapi tetep lembut dan gak gampang basi: usahakan kandungan airnya seminimal mungkin. Ini tips perkedel warisan nenek yang sering dibungkus kalo di rumah ada acara :D...
  1. Pilih kentang tes yang tua. Selain pulen dan gurih juga lebih kesat.
  2. Goreng kentang, jangan dikukus, untuk meminimalkan kandungan air sekaligus memberikan rasa lebih gurih.
  3. Begitu ditiriskan langsung haluskan panas2 agar uap airnya segera kluar tidak terperangkap dalam kentang.
  4. Kentang yang udah dihaluskan dihamparkan pada nampan, jangan ditaruh dalam bentuk gundukan. Tujuannya lagi2 biar penguapannya maksimal.
  5. Bawang merah dan bawang putih (iris kasar) paling enak kalo ditumis sampe setengah matang, hasilnya perkedel akan lebih sedap dan juga lebih wangi gak brasa kentang. Tumisan bawang dihaluskan bareng mrica dan pala, garam & gula. Aku paling suka pake pala yang banyak. Wangi & sedep! Kalo suka juga bisa ditambah sledri iris halus.
  6. Adonan gak perlu dikasi telur lagih. Telurnya dipake untuk coating ajah.
  7. Coating yang cantik: pake putih telur campur kanji (kanjinya larutin dulu pake air dikit) dan garam trus dikocok lepas. Hasilnya coating lebih kokoh dan gak gampang gosong sekaligus minyak gak cepet item serta gak akan berbuih seperti kalo pake telur antero.
  8. Kalo mo pake daging, paling bagus daging rebus empuk, panas2 ditumbuk sampe lumat. Aduk daging dengan bumbu halus lebih dulu sebelum diaduk dengan kentang. Daging rebus bikin tekstur perkedel jadi halus gak bergerindil kasar kayak kalo pake daging cincang.
Dengan cara diatas dihasilkan perkedel kentang yang kesat, kering tetapi lembut dan awet. Bacanya ribet ya, tapi percaya deh prakteknya gampang kok!

4 comments:

Lisa said...

halo Lia, salam kenal, senang bisa ketemu site kamu, useful banget. Kalo buat dagingnya disampur cornet, enak gak ya? Thanks buat tips and resepnya!

Lia said...

Hai Lisa, makasih ya dah mampir, nice to meet you :) Bisa aja kok dicampur kornet. kan kornet dagingnya uda alus ga brindilan, tampang perkedelnya pasti cakep ;)

Emma Sembiring said...

Terima kasih tipsnya..apakah dlm pembuatan perkedel kperlu ditambahkan tepung terigu?

Oey Eric Siswanto said...

Mantap tipsnya, sangat menginspirasi. Thanks for share. Mampir juga ya Resep Masakan