Sunday, March 14, 2010

Menggiling Kacang2an

Suka bikin nougat? Jaconde untuk Opera cake? Sacher Torte? dan aneka kudapan lain yg berbahan dasar kacang2an giling halus?
Kalau ya, pasti pernah mengalami kendala dalam menggiling kacang2an tersebut. Kalo untuk nougat sih ngga terlalu masalah karena cuma perlu kacang tanah tumbuk kasar. Tapi khusus resep2 yang memerlukan fine ground peanut/almond/hazelnut dll, kendala yang paling utama adalah kacang2an tersebut menggumpal di tengah jalan jadi susah melanjutkan proses menggiling hingga benar2 halus.

Ada dua hal yang menjadi penyebab menggumpalnya kacang2an ketika digiling yaitu:
1. tingkat kekeringan yang kurang
2. kadar minyak yang tinggi pada jenis kacang2an tertentu, seperti contohnya kenari dan walnut

Gimana ngatasinnya?

1. Tingkat kekeringan yang kurang
Perlu diperhatikan bahwa kacang2an harus digiling dalam kondisi kering semaksimal mungkin. Perlakuan yang kurang tepat akan mempengaruhi kekeringan kacang2an.
Hindari MENGGORENG kacang2an karena permukaan yang berminyak *baca: extra minyak* akan susah membuat kacang2an bergerak bebas di grinder. Kacang2an yang digoreng sudah pasti jadi menggumpal di dalam grinder ketika masih setengah jalan.
Jemur kacang2an hingga benar2 kering lalu matangkan dengan cara disangrai pakai api kecil supaya tidak mudah hangus sambil terus diaduk2, tentu makan waktu lama jadi harus sabar dan telaten :) Atau cara lainnya bisa memanggang kacang2an dalam oven hingga kering dan matang..
Angin2kan kacang2an sangrai/oven hingga panasnya hilang, baru giling dengan grinder sedikit demi sedikit sesuai kapasitas grinder.
Hasilnya, kacang2an akan tergiling dengan lancar hingga halus tanpa menggumpal.

2. Kadar minyak yang tinggi
Untuk kacang2an seperti kenari, walnut, pecan yang sangat berminyak sekali, otomatis minyak yg keluar ketika penggilingan berlangsung akan menyusahkan proses.
Untuk mengatasinya, jemur terlebih dahulu hingga kering, sangrai atau oven hingga matang, lalu SIMPAN TERTUTUP DI FREEZER sekitar 2 jam untuk membekukan lemaknya. Lalu dalam kondisi beku tersebut segera proses di grinder sedikit demi sedikit sesuai kapasitas grinder (antrian kacang yg belum digiling biarkan tetap di freezer).
Dengan cara ini, kacang2an akan mudah digiling lancar tanpa menggumpal.

Semoga bermanfaat! :)

No comments: